Kompas.com - 07/02/2014, 07:52 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan kembali diuji kekuatannya pada perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (7/2/2014). Sentimen positif dari eksternal maupun internal, seperti kenaikan nilai tukar rupiah, diproyeksikan masih mendorong pembelian saham-saham yang relatif murah di Bursa Efek Indonesia.

Bursa Wall Street ditutup positif tadi malam dengan indeks Dow Jones naik 188,30 poin atau 1,22 persen. Indeks S&P 500 menguat 1,24 persen dan Indeks Komposit Nasdaq naik 1,14 persen. Penguatan indeks ditopang oleh turunnya data aplikasi benefit untuk penggangguran yang memberikan sinyal membaiknya perekonomian.

Komentar presiden bank sentral Eropa (ECB), Mario Draghi, yang mengatakan tidak ada masalah deflasi turut menopang kenaikan. Bursa Eropa pun ditutup positif terimbas aksi ECB dan Bank of England yang menahan suku bunga di level rendah.  Indeks FTSE melejit 1,55 persen, CAC melesat 1,71 persen dan Indeks DAX naik 1,54 persen.

Kemarin sepanjang perdagangan IHSG menyentuh level 4.424,71 (level tertingginya) di akhir sesi 1 dan menyentuh level 4.385,30 (level terendahnya) di awal sesi 1 sebelum kemudian berakhir di level 4.424,71. Volume perdagangan dan nilai total transaksi naik. Investor asing mencatatkan nett buy dengan kenaikan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett sell.

Riset Semesta Indovest memerkirakan bursa Indonesia hari ini dapat kembali bergerak menguat ditopang oleh masih kuatnya minat beli investor akibat saham-saham masih berada pada harga yang masih lebih murah dibandingkan dengan harga yang telah dicapai sebelumnya. Indeks EIDO naik 2,71 persen.

Saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini antara lain ASRI, SSMS, SSIA, LSIP dan BBRI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.