Maskapai "Flag Carrier" Negara Lain juga Hadapi Kesulitan Keuangan

Kompas.com - 08/02/2014, 19:29 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya PT Merpati Nusantara Airlines yang menghadapi masalah keuangan. Maskapai pelat merah negara lainnya juga mengalami kondisi yang kurang lebih sama dengan yang dihadapi BUMN ini.

Merpati hanyalah satu perusahaan penerbangan, di antara banyak maskapai flag carrier berbagai negara yang mengalami kesulitan keuangan.

Namun yang membedakan, sebagian besar pemerintah di negara lain tak tanggung-tanggung dalam memberikan dukungan, ketika maskapai yang dimilikinya mengalami masalah keuangan.

Berikut adalah sejumlah maskapai penerbangan milik negara lain yang pernah dan sedang menghadapi masalah keuangan sebagaimana yang dihadapi Merpati.

Japan Airlines (JAL)
Maskapai yang sebagian sahamnya dimiliki Pemerintah Jepang ini beberapa waktu lalu mengalami kesulitan keuangan. Namun, setelah perdebatan panjang, pemerintah negara tersebut menyuntikkan dana sebesar 3,54 miliar dollar AS atau hampir Rp 40 triliun pada 2012 guna menopang operasional JAL.

Terakhir dilaporkan, kinerja keuangan JAL telah membaik dan mulai mencatatkan keuntungan, meskipun masih tipis.

China Eastern Airlines
Maskapai milik Pemerintah China ini mengalami masalah keuangan saat mengalami kerugian yang sangat besar pada 2009. Hal itu terjadi saat krisis global pada tahun 2008. Hingga 2010, total modal yang telah disuntikkan untuk maskapai ini mencapai 2 miliar dollar AS.

Hingga akhir September 2013, China Eastern berhasil membukukan laba bersih 463 juta dollar AS atau sekitar Rp 5 triliun.

Maskapai milik Pemerintah India ini mengalami nasib yang serupa dengan maskapai lain yang mengalami kesulitan keuangan. Memburuknya kinerja keuangan perusahaan penerbangan ini juga terkait dengan krisis global, yang cukup mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan.

Akhirnya, pada 2012, New Delhi memutuskan menyuntik modal maskapai ini sebesar 4,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 57 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.