Harga Minyak WTI Turun Setelah Pidato Perdana Gubernur Baru The Fed

Kompas.com - 12/02/2014, 04:20 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak diperdagangkan turun, Selasa (11/2/2014), setelah pidato Gubernur The Fed yang baru, Janet Yellen. Pidato itu menyatakan Yellen akan tetap melanjutkan kebijakan yang dijalankan pendahulunya, Ben Bernanke.

Kontrak utama New York, West Texas Intermediate (WTI), untuk pengiriman Maret 2014 turun 12 sen dan ditutup pada 99,94 dollar AS per barel. Pada perdagangan Senin (10/2/2014), kontrak WTI ditutup di atas 100 dollar AS per barel untuk pertama kalinya pada tahun ini.

Adapun di perdagangan London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Maret 2014 diperdagangkan pada level 108,68 dollar AS per barel, naik lima sen dari perdagangan hari sebelumnya.

Yellen, dalam komentar publik pertamanya sebagai Gubernur The Fed sejak menduduki kursinya pada 1 Februari 2014, menekankan hanya ada sedikit deviasi untuk strategi penetapan kebijakan Federal Open Market Committee (FOMC). "Saya mengharapkan keberlanjutan dalam pendekatan kebijakan moneter FOMC," ujar dia di depan Komite Jasa Keuangan DPR AS.

Sebagaimana harapan pasar, pidato Yellen menunjukkan The Fed akan perlahan mengurangi kucuran quantitative easing, kecuali bila terjadi pemburukan tajam perekonomian. "Reaksi harga minyak atas pernyataan Yellen, cukup meredam," kata analis pasar Forex.com Fawad Razaqzada.

Para trader sedang menunggu data mingguan soal pasokan minyak dari Departemen Energi Amerika Serikat. DoE diharapkan melaporkan data itu, Rabu (12/2/2014), termasuk data cadangan minyak mentah dan penurunan penyulingan termasuk untuk minyak pemanas, menyusul cuaca dingin ekstrem di sebagian besar wilayah negara itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.