Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Jepang Tantang Google dan Amazon

Kompas.com - 14/02/2014, 07:44 WIB
EditorErlangga Djumena


TOKYO, KOMPAS.com -
Pemerintah Jepang semakin serius mewujudkan ambisinya menguasai industri robotik dunia. Ambisi itu ditunjukkan oleh langkah Innovation Network Corp of Japan (INCJ) yang kembali mengakuisisi perusahaan robotik. INCJ merupakan perusahaan yang dibiayai pemerintah Jepang dan fokus mengembangkan industri robotik.

Seorang sumber yang dikutip Bloomberg menyatakan, INCJ baru saja membeli sebagian saham Squse Inc. INCJ merogoh kocek500 juta yen atau setara 4,9 juta dollar AS untuk membeli 20 persen saham produsen robot tangan yang berbasis di Kyoto ini. "Squse juga berencana menggelar penawaran saham perdana (IPO) dalam dua tahun mendatang," kata si sumber itu, Rabu (12/2/2014).

Sekadar informasi, Squse memproduksi robot yang mampu melakukan gerakan laiknya tangan manusia. Robot pabrikan Squse bisa mengangkat dan memindahkan barang hingga seberat 1 kilogram. Robot Squse banyak dipakai di gudang produksi. Perusahaan yang berdiri tahun 1997 tersebut menjual robot di pasar Jepang.

Squse berambisi robot produksinya dapat terjual di pasar Asia, Eropa dan Amerika Serikat (AS) dalam tempo lima tahun mendatang. Sedangkan INCJ berdiri pada Juli 2009. Sejak lahir, INCJ telah berinvestasi pada sekitar 60 perusahaan robotik senilai total700 miliar yen.

Pemerintah Jepang berkomitmen menyuntikkan modal hingga sebesar2 triliun yen. Berdasarkan catatan Bloomberg, suntikan modal perdana pemerintah280 miliar yen. Tahun lalu, INCJ mengakuisisi Prism Pharma dan Royal Gate. Sepak terjang INCJ tersebut dilatari oleh ambisi untuk menguasai industri robotik dunia.

Langkah INCJ tersebut seakan ingin menyusul jejak dua raksasa Internet, yaitu Amazon dan Google. Pada Desember tahun lalu, Google menyatakan keseriusannya berinvestasi di robotik. Komitmen raksasa mesin pencari di Internet itu diwujudkannya dengan membeli tujuh perusahaan robotik yang dimiliki Andy Rubin, otak di balik pengembangan sistem operasi Android.

Salah satu target akuisisi Google adalah Schaft Inc., perusahaan robot kaki yang berbasis di Tokyo. Sedangkan Amazon merogoh kocek 775 juta dollar AS untuk membeli Kiva Systems Inc. Robot Kiva berfungsi memindahkan barang pada gudang produksi makanan dan mobil. (Dessy Rosalina)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+