Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Upayakan Pasang Listrik Kurang dari 100 Hari

Kompas.com - 14/02/2014, 11:19 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), akan memangkas birokrasi yang menyulitkan calon pelanggan. Salah satu birokrasi yang disederhanakan adalah pemasangan instalasi listrik yang saat ini masih membutuhkan waktu lebih dari 100 hari.

"Kita akan perpendek lagi di bawah 100 hari, itu reformasi PLN," kata Direktur Niaga Manajemen Risiko dan Kepatuhan PT PLN Moch Harry Jaya Pahlawan di kantor Ditjen Kelistrikan, Jumat (14/2/2014).

Pada kesempatan itu Hary menjelaskan, bahwa dari survei Bank Dunia menunjukkan PT Indonesia meraih ranking 120 dari 186 dari sisi kemudahan mendapatkan listrik di dalam negeri pada 2013. Peringkat PLN di 2013 itu mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan 2012, yang berada di peringkat 140.

Survei Bank Dunia itu menilai dari kemudahan mendapatkan 147 KvA di tegangan rendah dan lokasi Jakarta.

Hal yang membuat penilaian PLN menjadi buruk karena pemasangan instalasi harus melewati birokrasi yang lama. "Saat ini PLN mendapatkan listrik 147 kvA perlu 6 prosedur 102 hari," ujar Harry .

Selain itu Bank Dunia juga menilai kerjasama antara tiga pelaku penyedia listrik yakni PLN, kontraktor instalasi listrik, pemeriksa kelaikan operasi instalasi. Namun hingga saat ini ketiga pelaku penyedia listrik belum bekerja sama dengan baik. "Saat ini ketiga unsur masing-masing bekerja sendiri, tidak bekerjasama," kata Harry. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com