Kompas.com - 14/02/2014, 17:05 WIB
N219 PTDIN219
|
EditorErlangga Djumena

BANDUNG, KOMPAS.com
- PT Dirgantara Indonesia (Persero), pada tahun ini dan ke depan akan memfokuskan bisnis pada kebutuhan industri alut sista dan pesawat komersial. Direktur Komersial dan Restrukturisasi PT DI, Budiman Saleh mengatakan, untuk pesawat terbang PT DI akan bermain di kelas baling-baling (turbo prop/propeller) dimana menjadi daya saingnya.

Salah satu yang berminat menjajal propeller seri N219 adalah PT Lion Mentari Airlines. Meski belum meneken MoU, Budiman membenarkan bahwa maskapai milik Rusdi Kirana tersebut membahas pemesanan 50 unit pesawat firm, dan 50 unit option.

"Rusdi Kirana, dia itu punya buying power tinggi. Saat dia beli pesawat dia punya hak untuk memilih engine apa yang dipakai, radio apa, dan lain sebagainya," terang Budiman, di Bandung, Jumat (14/2/2014).

Budiman mengatakan, PT DI pun menyambut baik rencana kerjasama dengan pihak Lion. Alasan utamanya, kata dia, PTDI juga akan lebih efisien dalam merakit pesawat. Sebagai contoh, karena Lion memesan engine dalam jumlah banyak, maka PTDI juga mungkin menggunakan engine yang sama dengan yang digunakan Lion. Dengan strategi ini, maka biaya produksi bisa lebih efisien.

"Dengan demikian buying power ke N219 pun lebih hemat. Target harga jual N219 bisa lebih rendah," kata Budiman.

Ia menambahkan, PT DI merencanakan N219 bisa menggelinding (rollout) pada pertengahan 2015. "Tapi sekarang kita berjuang bagaimana kesiapan pemerintah sebagai penyandang dana agar sejalan dengan business plan PTDI. Kalau untuk yang tidak ada cashout, seperti design enginering, kita tetap bisa jalan," ujarnya.

Budiman memastikan, setelah rollout, kemudian flight test, proses sertifikasi kelaikan terbang pun tak membutuhkan waktu lama.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.