Kompas.com - 17/02/2014, 09:11 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Bank Indonesia (BI) menyatakan bitcoin dan alat pembayaran virtual lainnya bukan alat pembayaran sah di Indonesia. Pernyataan ini disambut baik oleh operator bitcoin di dalam negeri.

CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan pernyataan BI tersebut bukan berarti bitcoin dilarang peredarannya di Indonesia. Selama ini, kata dia, sepertinya banyak pihak yang salah mengartikan pernyataan bank sentral tersebut.

"Kami ingin meluruskan saja, BI hanya menganggap bitcoin bukan alat pembayaran yang sah. Statement BI tidak melarang peredaran bitcoin," kata Oscar di Jakarta, akhir pekan lalu.

Oscar memandang dengan terbitnya pernyataan BI soal bitcoin tersebut, maka akan berdampak pada berkembangnya penggunaan bitcoin di Tanah Air. Ini adalah angin segar bagi perkembangan dan penggunaan bitcoin.

"Menurut kami ini keputusan yang bijak dari BI. Kita sangat suprise dengan keputusan ini. Ini berarti bitcoin bebas beredar di Indonesia. Setelah ini ada kemungkinan peredaran bitcoin akan terus berkembang," ujar Oscar.

Tanggal 6 Februari lalu, BI melalui Direktur Departemen Komunikasi Peter Jacobs menyatakan bitcoin dan mata uang virtual lainnya bukan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia.

"Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati terhadap Bitcoin dan virtual currency lainnya. Segala risiko terkait kepemilikan atau penggunaan Bitcoin ditanggung sendiri oleh pemilik atau pengguna Bitcoin dan virtual currency lainnya," kata Peter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.