Kementerian PU Pastikan Penggenangan Jatigede Tak Molor

Kompas.com - 17/02/2014, 12:42 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum memastikan penggenangan atau pengisian air waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat tak molor dari yang direncanakan, September 2014, meskipun masih ada masalah sosial yang belum tuntas.

Atas dasar itu, Dirjen Sumber Daya Air KemenPU, Muhammad Hasan mengatakan, pemerintah pekan ini segera akan menunjuk appraisal independent yang akan menentukan besaran uang kerohiman relokasi 5.800 kepala keluarga. Ditargetkan kajian selesai pada Maret 2014, untuk selanjutnya dibahas dalam sidang kabinet terbatas.

"Ini kan berkejar-kejaran dengan rencana penggenangan. Tapi kita yakin tetap sesuai rencana September 2014," kata Hasan di kantor Kemenko, Jakarta, Senin (17/2/2014).

Keyakinan Hasan tersebut lantaran dari segi fisik waduk sudah siap 91,5 persen. Persiapan fisik waduk, klaim Hasan, malah berjalan lebih cepat daripada yang dijadwalkan. "Sutet PLN sudah dipindah. Yang paling pelik adalah masalah penduduk," kata Hasan.

Sampai dengan saat ini, masih ada sekitar 7.600 kepala keluarga (KK) yang bertahan di area waduk. Sebanyak 1.800 KK diantaranya adalah kelompok yang berhak direlokasi sesuai Permendagri 1975, sementara 5.800 KK adalah yang tinggal menunggu uang kerohiman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.