Kompas.com - 17/02/2014, 12:52 WIB
Lokasi pembangunan bandara di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan bandara internasional ini sudah bisa beroperasi tahun 2016.
KOMPAS/RINI KUSTIASIHLokasi pembangunan bandara di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan bandara internasional ini sudah bisa beroperasi tahun 2016.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) kebut penyelesaian pembangunan Bandara Kertajati, Majalengka, Jabar.

Kepala Bappeda Jabar, Deny Juanda mengatakan, pihak Jabar saat ini tengah berkonsentrasi pada proyek Kertajati, ketimbang wacana Bandara Karawang. Hal itu lantaran, Bandara Kertajati menjadi salah satu program MP3EI.

Selain itu, Bandara Kertajati dinilai lebih ideal untuk mendukung perkembangan Bandung menjadi kota metropolitan. Bandara Kertajati terletak sejauh 60 km dari kota Bandung, dan 117 km dari Karawang.

"Di sana kita perlu dana hampir Rp 10 triliun. Untuk air side (sisi udaranya) Rp 3,5 triliun termasuk runway dan air traffic controlnya," kata Deny ditemui di kantor Kemenko, Jakarta, Senin (17/2/2014).

Lebih lanjut, ia memaparkan untuk terminal utama dan fasilitas diperlukan sekitar Rp 3-4 triliun. Saat ini, feasilibity study Bandara Kertajati sudah rampung. Pembebasan lahan runway seluas 1000 Ha didanai APBN.

Deny mengatakan, APBN untuk pembangunan runway sudah cair. Pembangunan runway pun sudah berjalan hampir setahun.

"Kalau APBN lancar, 2016 itu penerbangan pertama. Itu pada bulan Agustus, pas pada hari jadi Provinsi Jabar," imbuh Deny.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menggarap proyek land side Bandara Kertajati, Pemprov Jabar menyediakan anggaran sebesar Rp 200 miliar untuk pembebasan lahan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.