Kompas.com - 19/02/2014, 07:21 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

CHICAGO, KOMPAS.com -Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Selasa (18/2/2014) waktu setempat (Rabu pagi WIB), di tengah data aktivitas manufaktur lebih lemah dari perkiraan di wilayah New York yang memicu kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik 5,8 dollar AS atau 0,44 persen menjadi ditutup di 1.324,4 dollar AS per ounce. Emas berakhir lebih tinggi, mengatasi hambatan aksi ambil untung karena melemahnya dollar AS dan kekhawatiran terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Aktivitas manufaktur negara bagian New York mendingin pada Februari setelah mendekati tertinggi dua tahun di bulan sebelumnya, data menunjukkan. Indeks jatuh menjadi 4,5 pada Februari dari 12,5 pada Januari. Menurut analis pasar, penurunan tersebut mungkin dijelaskan oleh cuaca buruk yang menyebabkan masalah bagi sektor manufaktur.

Laporan Dewan Emas Dunia (WGC) mengatakan bahwa permintaan emas turun 15 persen pada 2013, sebagian karena arus keluar besar dari dana-dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang didukung emas secara fisik. Analis pasar memprediksi bahwa sampai investor ETF kembali dalam jumlah besar, emas akan kesulitan untuk membuat kemajuan lebih lanjut.

Sementara perak untuk pengiriman Maret naik 47,7 sen atau 2,23 persen menjadi ditutup pada 21,898 dollar per ounce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.