Kompas.com - 20/02/2014, 13:05 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi menyatakan, setiap tahun pengangguran bertambah 1 juta orang. Menurut Sofjan, pemerintah belum maksimal membuka lapangan pekerjaan.

"Satu juta orang setiap tahun paling sedikit tidak dapat pekerjaan," ujar Sofjan di acara Indonesian Fashion Week, di JCC, Kamis (20/2/2014).

Sofjan mengatakan, untuk menambah lapangan kerja, pemerintah harus menaikkan pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen. Dengan pertumbuhan tersebut, investor semakin banyak yang mengembangkan bisnisnya, dan tenaga kerja bisa terserap.

"Makanya tidak bisa tumbuh 6 persen. Harus lebih," ujar Sofjan.

Sofjan juga berharap,  pemerintah tidak mengirimkan tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri. Jika ada tenaga kerja yang tidak punya keahlian sebaiknya bekerja di dalam negeri.

"Kalau unskilled bukankah lebih baik dia kerja di sini, daripada jadi TKI, jadi budak di negara lain," kata Sofjan. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.