Mayoritas Utang Luar Negeri Publik Berjangka Panjang

Kompas.com - 20/02/2014, 18:30 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat utang luar negeri (ULN) Indonesia didominasi utang publik jangka panjang.

Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI Hendy Sulistiowaty mengatakan ULN publik berasal dari utang pemerintah dan BI, dengan nilai mencapai 116,8 miliar dollar AS. Angka tersebut mencakup 94,6 persen dari total ULN sektor publik yang mencapai 123,5 miliar dollar AS.

"ULN sektor publik berjangka panjang antara lain berupa pinjaman bilateral, multilateral dan fasilitas kredit ekspor serta obligasi pemerintah," kata Hendy di kantornya, Kamis (20/2/2014).

Lebih lanjut Hendy menjelaskan, ULN sektor publik berjangka pendek berupa surat utang jangka pendek, seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dan kewajiban lainnya. Hampir separuh utang luar negeri sektor publik bervaluta dollar AS, yakni mencapai 47 persen.

Sementara itu, ULN sektor publik jangka panjang dalam mata uang rupiah tercatat mencapai 22 persen. Di samping itu, utang dalam yen Jepang mencapai 19 persen, euro dan dollar Singapura masing-masing 5 persen.

"Valuta mayoritas adalah dollar AS. Makanya pemerintah concern kalau dollar AS melemah karena akan menambah beban. Selain itu, yen Jepang. Jepang kan kreditur yang besar juga," ujar Hendy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.