Garuda Incar Rp 1,61 Triliun dari Penawaran Umum Terbatas

Kompas.com - 21/02/2014, 14:57 WIB
Salah satu pesawat Boeing 737-800 yang digunakan Garuda Indonesia. ShutterstockSalah satu pesawat Boeing 737-800 yang digunakan Garuda Indonesia.
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) I atau rights issue senilai Rp 1,48 triliun hingga Rp 1,61 triliun.

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), tercatat bahwa perseroan akan menawarkan sebanyak-banyaknya 3.227.930.633 saham biasa seri B dengan nilai nominal Rp 459 setiap saham. Adapun harga pelaksanaan Rp 460 sampai dengan Rp 500 per saham.

Setiap pemegang 701.409 saham lama yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada 4 April 2014 pukul 16.00 WIB berhak atas 100.000 Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Setiap 1 HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak 1 saham baru.

Adapun penggunaan dana hasil rights issue setelah dikurangi biaya emisi dialokasikan 80 persen untuk pengembangan armada baru. Penambahan armada baru yang direncanakan pesawat jenis B737 series, B777 series, A330 series dan A320 Series.

Selanjutnya, sekitar 20 persen untuk modal kerja dalam bentuk pembayaran sewa pesawat jenis B737 series, B777 series, A330 series, A320 series, CRJ series dan ATR series

Sebagai informasi, jika saham baru ini tidak seluruhnya diambil pemegang HMETD, maka sisanya dialokasikan kepada pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih dari haknya.

Hal seperti yang tercantum dalam sertifikat bukti HMETD atau formulir pemesanan dan pembelian saham tambahan secara proporsional berdasarkan hak yang telah dilaksanakan.

Apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa saham baru, maka seluruh saham baru yang tersisa tersebut tidak akan dikeluarkan dari portepel saham perseroan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perseroan akan mencatatkan seluruh saham yang akan dikeluarkan dari portepel dalam PUT I ini pada BEI. (arif wicaksono)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.