Semen Indonesia Raup Laba Rp 5,37 Triliun Sepanjang 2013

Kompas.com - 24/02/2014, 08:39 WIB
Ilustrasi: PT Semen Indonesia KOMPAS/HERPIN DEWANTOIlustrasi: PT Semen Indonesia
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada akhir 2013 berhasil meraup laba bersih sebesar Rp5,37 triliun atau meningkat 10,8 persen jika dibanding periode yang sama akhir 2012 sebesar Rp 4,84 triliun.

Laba bersih itu setara dengan Rp 905 per saham dasar meningkat dari Rp 817 pada akhir 2012. Dari sisi pendapatan, perseroan berhasil mencatat sebesar Rp24,5 triliun, tumbuh 25 persen dibanding tahun sebelumnya Rp 19,5 triliun. Total volume penjualan pada tahun tersebut sebesar 27,81 juta ton, meningkat 27 persen dibanding 2012 yang mencapai 21,9 juta ton.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto dalam keterangan resminya, Minggu (23/2/2014) menjelaskan terdapat sejumlah fase penting sepanjang tahun lalu, di antaranya pembentukan strategic holding PT Semen Indonesia (Persero) yang membawahi empat anak usaha, yaitu PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, PT Semen Gresik, dan Thang Long Cement Vietnam.

Selain itu, perseroan juga memulai operasi komersial Pabrik Semen Tonasa V, mematangkan ekspansi melalui pembangunan pabrik baru Indarung VI di Padang dan merintis pendirian pabrik baru di Rembang Jawa Tengah yang masing-masing berkapasitas 3 juta ton semen per tahun.

"Ini sekaligus memperkokoh posisi Perseroan sebagai market leader di industri semen nasional, serta menunjukkan konsistensi perseroan dalam menciptakan profitabilitas yang optimal di tengah semakin ketatnya kompetisi," ujar Dwi Soetjipto.

Menurut Dwi, perseroan berupaya menghindari kenaikan harga jual dengan cara melakukan inovasi guna meningkatkan efisiensi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.