Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kapal Milik BRI Siap Beroperasi

Kompas.com - 24/02/2014, 18:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berencana mengoperasikan kapal guna melayani keperluan perbankan masyarakat di pulau-pulau terpencil dengan waktu layanan seminggu sekali.

Direktur Keuangan BRI Ahmad Baiquni mengatakan, pengoperasian kapal tersebut tetap direncanakan pada tahun 2014 ini, dengan waktu terperinci sekitar semester II 2014. "Kapal sudah jadi, 4 kapal. Karena kapal gampang mobilitasnya. Saat ini kami fokus di Indonesia timur. Jakarta di Kepulauan Seribu," kata Baiquni di kantornya, Senin (24/2/2014).

Baiquni menjelaskan, kapal yang akan beroperasi layaknya Teras Mobile BRI ini akan mempermudah masyarakat yang tinggal di pulau-pulau terpencil untuk mengakses layanan perbankan BRI. Selama ini terdapat banyak wilayah yang belum terjangkau.

Lebih lanjut, Baiquni mengaku biaya yang dibutuhkan untuk pengoperasian kapal cenderung mahal. Namun, bila cakupan layanan dengan kapal lebih luas, maka BRI akan meningkatkan layanan kapal menjadi kantor unit atau mungkin cabang pembantu.

"Untuk sementara ini 4 kapal dulu. Investasi Rp 1 miliar sampai Rp 2 miliar per kapal. Kita anggarkan Rp 20 miliar untuk kapal," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com