BPH Migas Peringkas Alat Pembayaran Elektronik di SPBU

Kompas.com - 24/02/2014, 19:12 WIB
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Andy Noorsaman Soomeng mengatakan, saat ini pihaknya tengah mencoba menyederhanakan alat pembayaran elektronik yang bisa digunakan untuk transaksi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.

"Kaya Brizzi, e-money, Flash, ini kan masyarakat sudah available. Cuma, yang jadi masalah kan, yang di mana orang itu enggak perlu masang banyak pembaca kartu. Bila perlu Brizzi bisa dibaca Flash. Protokol ini yang perlu dibangun," jelas Andy, ditemui usai rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, di Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2014).  Brizzi adalah kartu prabayar yang diterbitkan BRI, sementara Flash merupakan produk BCA.

Menurutnya, rencana ini masih akan dikaji lebih jauh. Sebabnya, pihak yang membangun perangkat IT ini adalah bank penyedia transaksi elektronik. "Saat ini membiasakan dulu lah, orang pakai Brizzi, karena memudahkan. Tapi kapan itu dibangun terserah IT antar bank. Itu kan juga wilayah yurisdiksinya BI (Bank Indonesia), masa semuanya BPH Migas," kata  Andy.

Pemanfaatan IT adalah salah satu langkah monitoring BBM yang dilakukan BPH Migas, di samping memudahkan konsumen BBM. Andy menegaskan, monitoring BBM perlu dilakukan agar, khususnya BBM bersubsidi tidak jebol, dari yang ditentukan APBN 2014 sebesar 48 juta kiloliter.

"Penyaluran BBM subsidi memerlukan pengawasan yang ketat. Prognosa konsumsi 2014 mencapai 48,97 juta KL apabila business as usual (tidak diawasi)," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.