Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Transmisi Kalimantan-Jawa "Groundbreaking" Maret 2014

Kompas.com - 24/02/2014, 20:15 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) segera akan merealisasikan lagi pembangunan ruas transmisi gas bumi, yakni pipa Kalimantan-Jawa (Kalija) tahap pertama Kepodang-Semarang pada Maret 2014 mendatang.

"Untuk infrastruktur, ada groundbreaking Pipa Kalija I, 9 Maret 2014 ini," kata Kepala BPH Migas, Andy Noorsaman Soomeng, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, di Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2014).

Pipa Kalija I rencananya akan dibangun di area PT Indonesia Powert UBP Semarang. Andy mengatakan, proyek ini akan dilakukan oleh PT Kalija bersam PT Perusahaan Gas Negara.

PT Kalija sendiri merupakan kendaraan bisnis (special purpose vehicle/SPV)  PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR). "Investasinya Rp 1,6 triliun. Akan dibangun di dekat Muria sampai Semarang," sebut Andy.

Pipa transmisi gas bumi ini, lanjut Andy, akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan PT PLN di Semarang. Sedianya, pipa transmisi gas bumi ini direncanakan bisa beroperasi Oktober 2014. Namun karena banyak kendala Andy mengatakan, kemungkinan baru bisa rampung dibangun pada pertengahan 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com