Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restrukturisasi, Qantas Hapus 5.000 Pos Pekerjaan

Kompas.com - 27/02/2014, 08:13 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

SYDNEY, KOMPAS.com - Perusahaan penerbangan Australia, Qantas, akan memangkas 5.000 pekerjaan sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan. Mereka melaporkan kerugian bersih senilai 235 juta dollar Australia, atau sekitar Rp 250 triliun.

Maskapai ini harus berjuang keras membayar tagihan bakar bakar, dengan saingan ketat dari perusahaan yang mendapatkan subsidi negara. Karenanya, mereka berupaya memangkas biaya senilai 2 miliar dollar Australia untuk jangka waktu tiga tahun ke depan.

Restrukturisasi ini akan membuat 5.000 pekerjaan penuh waktu dihapus dari daftar Qantas. Diperkirakan 32.000 pekerja akan terdampak penghapusan pos pekerjaan tersebut.

Qantas juga mengubah secara signifikan rencana kerja terkait armada pesawat dan jaringan perusahaan. Belanja modal dipangkas senilai 1 miliar dollar Australia untuk dua tahun ke depan.

"Kami menghadapi beberapa kondisi tersulit yang pernah terjadi di Qantas," kata chief executive Qantas Alan Joyce. "Keputusan yang sulit diperlukan untuk mengatasi tantangan yang kami hadapi dan untuk membangun bisnis yang lebih kuat."

Setelah peringatan laba pada bulan Desember, Moody dan S & P menurunkan peringkat kredit Qantas ke status "junk". Sejak itu, Qantas berupaya melobi pemerintah untuk mendapatkan jaminan layak utang, dan sebaliknya pemerintah melobi Qantas untuk membatasi kepemilikan asing di maskapai itu maksimal sampai 49 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com