Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Kantongi Laba Bersih Rp 19,4 Triliun

Kompas.com - 27/02/2014, 19:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Internasional Tbk (ASII) berhasil meraup laba bersih sebesar Rp 19,4 triliun pada tahun 2013. Pencapaian ini tidak jauh berbeda dengan pencapaian perseroan pada tahun 2012 lalu.

Selain itu, ASII juga membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 193,9 triliun per Desember 2013, tumbuh 3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Laba bersih per saham mencapai Rp 480 per saham tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun 2012 lalu.

"Perseroan mencatat kinerja yang memuaskan di tahun 2013, meski beberapa divisi bisnis mengalami kondisi yang cukup menantang. Prospek bisnis di tahun 2014 diperkirakan tetap baik, walaupun kompetisi di pasar penjualan mobil masih akan tinggi dan harga batu bara masih melemah," kata Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto dalam keterangan resmi, Kamis (27/2/2014).

Prijono mengakui pihaknya masih akan tetap mewaspadai kenaikan suku bunga pinjaman dan volatilitas nilai tukar rupiah. Saat ini kegiatan bisnis Grup Astra terfokus pada 6 (enam) lini bisnis, antara lain divisi otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur dan logistik, serta teknologi informasi.

"Pada tahun 2013 telah dikeluarkan beberapa inisiatif baru, diantaranya peluncuran low cost green car, akuisisi saham pabrik wheel rim oleh Astra Otoparts, pengembangan proyek properti untuk perkantoran dan apartemen di Jakarta Pusat, dan pada bulan Januari 2014 diumumkan kesepakatan bersama Aviva Plc untuk membentuk perusahaan patungan di bidang asuransi jiwa," jelas Prijono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com