Kompas.com - 27/02/2014, 19:25 WIB
CEO Astra International Prijono Sugiarto Kompas/Heru Sri KumoroCEO Astra International Prijono Sugiarto
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Internasional Tbk (ASII) berhasil meraup laba bersih sebesar Rp 19,4 triliun pada tahun 2013. Pencapaian ini tidak jauh berbeda dengan pencapaian perseroan pada tahun 2012 lalu.

Selain itu, ASII juga membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 193,9 triliun per Desember 2013, tumbuh 3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Laba bersih per saham mencapai Rp 480 per saham tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun 2012 lalu.

"Perseroan mencatat kinerja yang memuaskan di tahun 2013, meski beberapa divisi bisnis mengalami kondisi yang cukup menantang. Prospek bisnis di tahun 2014 diperkirakan tetap baik, walaupun kompetisi di pasar penjualan mobil masih akan tinggi dan harga batu bara masih melemah," kata Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto dalam keterangan resmi, Kamis (27/2/2014).

Prijono mengakui pihaknya masih akan tetap mewaspadai kenaikan suku bunga pinjaman dan volatilitas nilai tukar rupiah. Saat ini kegiatan bisnis Grup Astra terfokus pada 6 (enam) lini bisnis, antara lain divisi otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur dan logistik, serta teknologi informasi.

"Pada tahun 2013 telah dikeluarkan beberapa inisiatif baru, diantaranya peluncuran low cost green car, akuisisi saham pabrik wheel rim oleh Astra Otoparts, pengembangan proyek properti untuk perkantoran dan apartemen di Jakarta Pusat, dan pada bulan Januari 2014 diumumkan kesepakatan bersama Aviva Plc untuk membentuk perusahaan patungan di bidang asuransi jiwa," jelas Prijono.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.