Kompas.com - 28/02/2014, 10:22 WIB
Axis Daniel Prabowo/KONTANAxis
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur dan CEO PT Axis Telekom Indonesia (Axis), Erik Aas mengakui saat ini kondisi perusahaannya sudah sangat sulit untuk bertahan.

Menurut Erik, perang tarif membuat perusahaan terus-menerus mengalami kerugian, karena saat ini Axis memang masih dalam posisi belum meraih keuntungan dalam lima tahun operasinya. Di sisi lain, Axis tetap harus mengeluarkan belanja modal dan biaya operasional yang cukup tinggi.

“Sebagai operator GSM kelima di Indonesia, dengan ukuran saat ini, sangat sulit bagi Axis untuk bersaing secara memadai, di tengah kompetisi harga yang sangat ketat di industri telekomunikasi saat,” kata Erik, dalam keterangan resminya, Jumat (28/2/2014).

Menurut Erik, kondisi industri saat ini sangat tidak menguntungkan bagi operator. Dengan tingkat harga terlalu rendah, sangat sulit bagi pemain baru hanya untuk bertahan hidup. Namun demikian, perseroan tetap berusaha membangun basis pelanggan.

“Oleh karena itu, merger dengan XL adalah solusi terbaik untuk tetap memberikan layanan berkualitas tinggi bagi pelanggan kami," kata Erik.

DIa mengklaim, merger Axis dan XL akan mendorong industri jadi lebih sehat. "Dengan merger ini, tiga operator besar akan memiliki spektrum yang merata, yang diperlukan untuk memberikan layanan berkualitas baik di seluruh pelosok Indonesia," ujarnya.

Dia menilai merger antar-operator sangat mendesak dilakukan mengingat banyaknya operator di industri telekomunikasi Indonesia. Selain itu, aksi korporasi tersebut juga akan turut membantu peningkatan kualitas layanan di masa depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kita akan melihat kompetisi yang lebih baik dan lebih sehat pada saat XL mendapatkan akses ke sumber daya spektrum yang sama seperti Telkomsel dan Indosat,” kata Erik.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.