Kompas.com - 28/02/2014, 20:28 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Muamalat Indonesia ditunjuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyelenggara Program Literasi dan Edukasi Keuangan. Program tersebut diselenggarakan di Mall of Serang, Banten, Jumat (28/2/2014).

Sekretaris Perusahaan Bank Muamalat Meitra Sari mengatakan literasi dan edukasi keuangan memberikan manfaat besar bagi sektor perbankan. Ini karena masyarakat merupakan pengguna produk dan jasa perbankan.

"Dengan kata lain, Bank dan masyarakat saling membutuhkan satu sama lain, sehingga semakin tinggi tingkat literasi keuangan masyarakat, maka semakin banyak masyarakat yang akan memanfaatkan produk dan jasa perbankan," kata Meitra dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Meitra mengungkapkan bagi Bank Muamalat, acara ini diharapkan dapat menjadi media promosi yang efektif untuk menjual produk dan layanan Bank Muamalat yang dapat berdampak pada peningkatan dana pihak ketiga (DPK) Bank Muamalat.

Sebagai lembaga jasa keuangan (LJK), lanjutnya, menjadi kewajiban bagi Bank Muamalat menyelenggarakan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat. Program literasi dan edukasi keuangan ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi program cetak biru strategi nasional literasi keuangan Indonesia yang sebelumnya telah dilakukan oleh OJK.

Berdasarkan hasil survei OJK tentang tingkat literasi keuangan masyarakat, indeks literasi masyarakat Indonesia terhadap produk dan jasa perbankan diklasifikasikan menjadi not literate (tidak melek) sebesar 0,73 persen, less literate (kurang melek) 2,04 persen, sufficient literate (cukup melek) 75,44 persen dan well literate (melek) 21,80 persen. -----Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.