Kompas.com - 05/03/2014, 16:59 WIB
BCA KONTANBCA
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat laba bersih sebesar Rp 14,3 triliun sepanjang tahun 2013. Capaian ini tumbuh 21,6 persen dibandingkan laba bersih tahun 2012 yang mencapai Rp 11,7 triliun.

Pendapatan bunga bersih tumbuh 24,4 persen menjadi Rp 26,4 triliun, ditopang yield aset produktif yang lebih tinggi dan pertumbuhan kredit berkelanjutan. Adapun marjin bunga bersih (net interest margin/NIM) naik 60 basis poin menjadi 6,2 persen di tahun 2013 dari 5,6 persen di 2012.

"Pada tahun yang diwarnai dengan tren positif yang berkelanjutan dalam situasi ekonomi dan bisnis yang tidak menentu, kami melaporkan bahwa BCA berhasil membukukan hasil kinerja operasional dan keuangan yang kokoh dengan tetap fokus untuk memberikan dukungan secara konsisten dan terpercaya kepada para nasabah, baik kepada nasabah transaksi maupun debitur BCA," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Perseroan mencatat pertumbuhan kredit sebesar 21,6 persen menjadi Rp 312,3 triliun pada tahun 2013. Adapun rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) berada pada posisi 0,4 persen.

Dari sisi pendanaan, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) tercatat 10,6 persen menjadi Rp 409,5 triliun. Adapun dana giro dan tabungan mencatat kenaikan 8,6 persen menjadi Rp 322,9 triliun.

"BCA tetap yakin aset perbankan akan terus tumbuh di tahun 2014 meskipun dengan tingkat yabg lebih moderat dibandingkan tahun 2013. Sektor perbankan Indonesia memiliki permodalan yang memadai untuk menghadapi pelemahan ekonomi jangka menengah," ujar Jahja.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.