Hindari Pemobolan ATM, BCA Imbau Nasabah Rajin Ganti PIN

Kompas.com - 05/03/2014, 19:29 WIB
BCA KONTAN/ Cheppy A. MuchlisBCA
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca-peristiwa pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) beberapa waktu lalu yang merugikan 112 nasabah dengan total kerugian Rp 1,2 miliar, pihak manajemen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengimbau agar nasabah lebih berhati-hati saat bertransaksi menggunakan mesin ATM.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan untuk meminimalisir risiko pembobolan rekening, nasabah harus secara rutin mengganti nomor PIN. Ini agar para pelaku kejahatan tak "merekam" nomor PIN yang kemudian dapat disalahgunakan.

"Cara paling sederhana cuma mengganti PIN. Setiap berapa lama gantinya, terserah. Mau setiap hari lebih aman, yang penting cek dulu," kata Jahja di Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Jahja mengungkapkan, para pelaku kejahatan biasanya membobol ATM dengan memasukkan nomor PIN nasabah. Selain rajin mengganti PIN, Jahja pun mengimbau nasabah untuk menutup tombol-tombol angka saat memasukkan nomor PIN.

Pasca-pembobolan, Jahja menjamin apabila di kemudian hari terjadi kasus serupa, maka perseroan akan berusaha mengembalikan dana nasabah yang menjadi korban dengan tempo secepat mungkin.

"Dengan Halo BCA langsung dibayar. Sudah balik semua, proses 2 sampai 3 hari. Yang penting pihak kami mengecek dulu. Soalnya ternyata ada nasabah yang mengaku-ngaku," ujar dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.