Kompas.com - 05/03/2014, 20:12 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat pertumbuhan kredit sebesar 21,6 persen menjadi Rp 312,3 triliun pada tahun 2013. Penyaluran kredit korporasi tercatat sebesar Rp 103,1 triliun, tumbuh 21,5 persen secara year on year.

Direktur BCA Dahlia Ariotedjo mengatakan terdapat beberapa sektor yang disalurkan kredit korporasi terbesar oleh perusahaan. Namun yang mengalami pertumbuhan terbesar adalah sektor industri kimia.

"Pengembangan sektor industri yang kenaikan paling besar adalah bahan kimia dan plastik dengan kenaikan Rp 7 triliun. Sektor transportasi dan logistik juga menyumbang kenaikan cukup besar, Rp 7 triliun," kata Dahlia di Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Di samping itu, Dahlia pun mengaku sektor pembangkit listrik pun menyumbang kenaikan signifikan terhadap penyaluran kredit korporasi BCA tahun 2013. Namun demikian, ia tidak menjelaskan secara rinci jumlah kenaikan di sektor tersebut.

"Di sektor perkebunan dan pertanian yang terbesar adalah kelapa sawit dengan kenaikan Rp 10 triliun. Makanan dan minuman kenaikan Rp 4 triliun," ujar dia. Sekedar informasi, portofolio kredit korporasi BCA pada tahun 2013 lalu tercatat sebesar 33 persen dari keseluruhan kredit yang disalurkan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.