Kompas.com - 10/03/2014, 13:13 WIB
Pegadaian KOMPAS/HERU SRI KUMOROPegadaian
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Pegadaian bisa jadi sedang sumringah. Tren kenaikan harga emas bakal menjadi berkah perusahaan plat merah ini.

Karena itu, Suwhono, Direktur Utama Pegadaian, berani menargetkan penjualan emas Pegadaian dalam tiga bulan pertama tahun 2014 bisa menyentuh angka Rp 780 miliar. "Paling tidak sampai 30 persen dari target tahun ini," katanya akhir pekan lalu.

Asal tahu saja, sepanjang tahun 2014 ini, Pegadaian menargetkan bisa menjual emas Rp 2,6 triliun. Angka penjualan ini setara dua kali lipat daripada penjualan emas di tahun lalu.

Optimisme Suwhono berdasarkan pada tren tahunan masyarakat yang lebih banyak berbelanja emas pada periode ini ketimbang periode berikutnya.

Guna memaksimalkan penjualan, Pegadaian sudah menyiapkan strategi, mulai dari memperbaiki kualitas layanan, serta gencar berpromosi. Soal promosi, Pegadaian, misalnya, menyiapkan sejumlah iklan kreatif serta menggelar sosialisasi investasi emas kepada berbagai komunitas, termasuk ke kalangan anak muda. "Anak muda mulai banyak yang tertarik emas," ujarnya.

Pegadaian juga mematangkan rencana pembentukan agen Pegadaian untuk penjualan emas. Dengan iming-iming fee bagi agen, Suwhono yakin langkah ini bakal cukup efektif menjangkau pasar yang lebih luas. "Kami masih menghitung berbagai hal teknis," tambahnya.

Boleh jadi, optimisme Pegadaian ini bisa klop dengan targetnya asalkan harga emas terus meroket. Maklum, target Pegadaian tahun lalu tak kesampaian gara-gara harga emas merosot tajam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai gambaran, tahun lalu, harga emas turun sedalam 30 persen. Akibatnya, Pegadaian tak memenuhi target laba sebesar Rp 2,2 triliun. "Laba kami tahun lalu sekitar
Rp 1,90 triliun," ungkap Suwhono.

Nah, apabila harga emas terus naik sepanjang tahun ini, Pegadaian optimistis bisa meraih target laba sebesar Rp 2,2 triliun alias sama dengan target tahun lalu. (Tendi Mahadi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.