Kompas.com - 10/03/2014, 14:30 WIB
Muhammad Luthfi hadir saat Presiden Susilo Yudhoyono memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (12/2/2014). Konferensi pers ini terkait mundurnya Gita Wirjawan sebagai Menteri Perdagangan sekaligus memperkenalkan Menteri Perdagangan baru Muhammad Lutfi. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZESMuhammad Luthfi hadir saat Presiden Susilo Yudhoyono memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (12/2/2014). Konferensi pers ini terkait mundurnya Gita Wirjawan sebagai Menteri Perdagangan sekaligus memperkenalkan Menteri Perdagangan baru Muhammad Lutfi. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menilai ada dua sisi penguatan rupiah dalam beberapa pekan belakangan ini.

"Dengan penguatan rupiah artinya impor kita terutama di bidang migas (minyak dan gas bumi) akan terjadi perbaikan," kata Lutfi ditemui di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (10/3/2014).

Namun, pada saat yang bersamaan, penguatan rupiah kata Lutfi akan mempengaruhi struktur harga. "Ekspor kita juga akan mengalami harga yang lebih tajam, lebih sulit. Ini yang kita lihat," imbuhnya.

Memasuki pekan kedua Maret, laju positif tersebut coba dipertahankan di tengah penantian sejumlah data ekonomi global dan domestik. Laju rupiah sempat melemah terbatas awal pekan lalu karena sentimen negatif dari data defisit neraca perdagangan dan memanasnya politik di Ukraina.

Namun kemudian rupiah kembali bergerak naik seiring pelemahan mata uang dollar AS secara global karena sejumlah data ekonomi negeri Paman Sam tidak sesuai ekspektasi. Di sisi lain, kondisi dalam negeri yang dinilai mulai membaik turut memberikan imbas positif bagi laju pergerakan nilai tukar rupiah sehingga dapat kembali melanjutkan penguatannya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.