Kompas.com - 11/03/2014, 08:18 WIB
Agen penjualan reksa dana memberikan penjelasan kepada pengunjung dalam Pekan Reksa Dana Nasional yang berlangsung di Mal Central Park, Jakarta Barat, Kamis (18/10/2012). KOMPAS/PRIYOMBODOAgen penjualan reksa dana memberikan penjelasan kepada pengunjung dalam Pekan Reksa Dana Nasional yang berlangsung di Mal Central Park, Jakarta Barat, Kamis (18/10/2012).
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
-  Iming-iming return tinggi pasti membuat investor reksa dana tentu bisa tergiur. Bagaimana tidak, salah satu tujuan berinvestasi, termasuk di reksa dana bertujuan untuk memetik cuan maksimal.

Namun, sebelum melakukan penempatan dana di reksa dana, sebaiknya investor mempertimbangkan beberapa hal.

Denny Thaher, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Reksa dana Indonesia (APRDI) mengatakan, hal pertama yang harus diperhatikan investor adalah memilih manajer investasi (MI) yang terpercaya. "Harus dilihat track record MI yang bersangkutan," ujarnya.

Setelah itu, mengenali produk reksa dana yang dipilih. Kinerja reksa dana erat kaitanya dengan aset dasar (underlying) yang dipilih MI untuk menempatkan dana investasi pemodal.

"Jika return tidak masuk akal dan investor ragu, investor bisa menanyakan OJK, OJK kan punya layanan pengaduan," kata Denny.

Yang jelas, MI tidak boleh menjanjikan tingkat imbal hasil atas produk reksa dana yang diterbitkan. (Amailia Putri Hasniawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.