Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Pasar Kereta Bangladesh, INKA Bersaing dengan China

Kompas.com - 11/03/2014, 12:56 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan kereta api nasional, PT INKA siap bersaing dengan China, agar memenangkan tender pengadaan 50 kereta penumpang di negara Bangladesh.

Direktur Utama PT INKA, Agus Purnomo mengatakan, saat ini PT INKA tengah mengikuti tender dengan kontrak 2 tahun tersebut. Dia mengharapkan bisa melakukan penjualan dari kereta penumpang dengan lebar rel 1400 mm senilai 90 juta dollar AS.

"Kita saingannya sama China dan India. Tapi keunggulan kompetitif kita, spek hampir sama dengan China. Kita bersaing harga," kata Agus, Selasa (11/3/2014). Namun, Agus mengaku belum tahu berapa harga yang ditawarkan China ke Bangladesh. Hal itu lantaran penawaran harga belum dibuka dalam tender.

Sementara itu, PT INKA menggandeng pabrikan Bombardier dalam tender ini. Dengan kerjasama ini, Agus mengatakan pihaknya optimistis memenangi tender. Selain kereta penumpang Bangladesh, PT INKA juga tengah mengikuti tender pengadaan 100 kereta penumpang Iran.

PT INKA menargetkan meraup 60-70 Euro jika memenangkan tender tersebut. Agus mengatakan, saingan tender di Iran ini masih berasal dari Cina. "Ada tender lagi yang mau kita ikuti itu di Filpina, Thailand, dan Malaysia. Kalau Thailand dan Malaysia kita pernah masuk, cuma Filipina ini yang baru," papar Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com