Atur Lalu Lintas Udara, RI Tak Lagi Tergantung Singapura Mulai 2016

Kompas.com - 11/03/2014, 14:41 WIB
Ilustrasi petugas ATC www.bumn.go.idIlustrasi petugas ATC
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Indonesia sudah tidak bergantung lagi ke Singapura untuk urusan flight information regional (FIR), khususnya lalu lintas udara bagian Barat Indonesia.

Mulai Senin (10/3), Jakarta Automated Air Traffic Service (JAATS) resmi menempati Gedung Airnav Indonesia di Tangerang. Nantinya, gedung ini JAATS bakal menjadi ruang kendali lalu lintas udara di wilayah Indonesia Barat.

Untuk mendirikan gedung yang berada di atas lahan seluas 7,8 hektare (ha) ini, Kementerian Perhubungan (Kemhub) menghabiskan dana sekitar Rp 369 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Untuk membangun gedung ini, Kemhub butuh waktu selama 23 bulan.

"Gedung ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan navigasi bagi penerbangan Indonesia serta bisa meningkatkan keselamatan penerbangan Indonesia," kata Menteri Perhubungan, E.E Mangindaan saat peresmian Gedung Airnav Indonesia, Senin (10/3/2014).

Ia sendiri menargetkan pengaturan lalu lintas udara di wilayah Indonesia bisa sepenuhnya ditangani di dalam negeri pada 2016 nanti. Asal tahu saja, untuk pengaturan lalu lintas bagian Timur Indonesia, Kemhub sudah memberi kewenangan kepada Makasar Automated Air Traffic Service (MAATS). "Kami targetkan JAATS bisa beroperasi penuh pada 2016 nanti," katanya.

Harry Bakti, Dirjen Perhubungan Udara Kemhub berharap dengan keberadaan dua gedung tersebut, bisa terjalin sinergi dalam mengatur lalu lintas udara di wilayah Indonesia. "Nantinya, tidak ada lagi penerbangan di wilayah udara Indonesia dilayani negara tetangga," ucapnya.  (Izzatul Mazidah)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.