Maskapai Domestik Bakal Diwajibkan Pakai Avtur "Oplosan"

Kompas.com - 12/03/2014, 19:56 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mengurangi nilai impor bahan bakar minyak, pemerintah bakal mewajibkan maskapai penerbangan menggunakan bahan bakar "oplosan", yaitu avtur dan bahan bakar nabati (BBN).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti mengungkapkan, campuran avtur dengan BBN tidak akan menimbulkan masalah. Mesin pesawat tetap bisa beroperasi seperti biasa.

"Nggak ada masalah (avtur dicampur BBN)," ujar Herry Bakti di kantor Kementerian Perhubungan, Rabu (12/3/2014).

Herry menjelaskan, BBN yang akan dicampur ke Avtur sebanyak 2 persen dalam tahap pertama. Selanjutnya, campuran BBN akan meningkat 3 persen pada tahap selanjutnya. "Avturnya campur, 2 persen berkembang. Ditargetkan 3 persen," ucap Herry.

Herry menambahkan, campuran BBN sebesar 2 persen ditargetkan mulai berlaku pada tahun 2016. Empat tahun berikutnya, BBN yang dicampur ke avtur bertambah 3 persen.

"Pada 2016 diharapkan bisa 2 persen. Sampai 2020 jadi 3 persen," papar Herry. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.