Rusia Tambah Pasukan, Emas Melambung ke Level Tertinggi 6 Bulan

Kompas.com - 13/03/2014, 07:36 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

CHICAGO, KOMPAS.com -Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup pada tingkat tertinggi sejak 9 September 2013 pada Rabu (12/3/2014) waktu setempat (Kamis pagi WIB), karena kekhawatiran atas gejolak politik di Ukraina.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik 23,8 dollar AS atau 1,77 persen menjadi menetap di 1.370,5 dollar AS per ounce.

Beberapa faktor jangka panjang menaikkan permintaan emas saat ini, analis pasar mengatakan. Ketegangan di Ukraina dimana militer Rusia menambah pasukannya di dekat wilayah perbatasan, pelemahan mata uang di pasar negara berkembang, ketidakpastian seputar Suriah dan Iran, serta kekhawatiran atas perlambatan ekonomi di China semua telah mendorong daya tarik emas sebagai "safe-haven".

Dengan semua latar belakang ini, pasar ekuitas global berada di zona merah pada Rabu. "Emas telah menemukan dukungan baru sekitar 1.300 dollar AS per ounce," kata analis pasar.

Perak untuk pengiriman Mei naik 54,3 sen atau 2,61 persen menjadi ditutup pada 21,358 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 11,7 dollar AS atau 0,8 persen menjadi berakhir di 1.476,3 dollar AS per ounce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.