Kompas.com - 13/03/2014, 13:43 WIB
Salah seorang warga memperlihatkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kantor Cabang Utama BPJS, Kota Bandung beberapa waktu lalu. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN Salah seorang warga memperlihatkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kantor Cabang Utama BPJS, Kota Bandung beberapa waktu lalu.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Transformasi PT Askes menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak menghambat kinerja industri asuransi jiwa swasta. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengaku industri tidak terganggu dengan adanya BPJS Kesehatan.

"BPJS memang sudah mulai 1 Januari ini. Kami tidak terganggu juga karena kita punya pasar yang berbeda. Kita bagi pasar juga dengan BPJS dan industri asuransi," kata Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim di kantornya, Kamis (13/3/2014).

Hendrisman mengungkapkan, sebelum BPJS Kesehatan dimulai, yakni akhir tahun 2013, pihak AAJI, BPJS Kesehatan, dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) telah berdiskusi tentang pemberlakuan BPJS Kesehatan dan dampaknya bagi pasar industri asuransi.

"Kita sudah sadari BPJS akan memberikan basic needs, sehingga kita industri asuransi ini baik asuransi jiwa atau asuransi umum yang punya produk health insurance akan masuk ke pasar yang di atas basic needs. Kita sudah bicarakan ini, sudah mendekati final tentang coordination of benefit antara BPJS, AAJI, dan AAUI," ujar Hendrisman.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Departemen Komunikasi AAJI Nini Sumohandoyo mengatakan, diberlakukannya BPJS Kesehatan memberikan dampak yang besar terhadap industri asuransi maupun kepada masyarakat Indonesia secara umum.

"Setelah ada BPJS Kesehatan ada, tiba-tiba masyarakat Indonesia sadar tentang pentingnya asuransi. Ini momentum yang luar biasa untuk seluruh industri asuransi," ujar Nini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.