Kompas.com - 15/03/2014, 16:37 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorWisnubrata
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa mengatakan, kenaikan nilai rupiah sangat dipengaruhi oleh sentimen positif. Dan ia menilai, pencapresan Jokowi merupakan salah satu sentimen positif tersebut.

"Mudah-mudahan kalau ada yang deklarasi lagi, bisa naik lagi nilai rupiahnya," kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian itu usai Deklarasi Kampanye Berintegtitas Pemilu 2014, di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (15/3/2014).

Meski demikian, Hatta menyebutkan bahwa fenomena menguatnya rupiah telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Jadi, jauh sebelum Jokowi mengumumkan pencapresannya di Rumah Pitung, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat siang kemarin.

"Rupiah terus menguat selama beberapa bulan ini. Tentu ini fenomena bagus buat kita karena rupiah mencerminkan fundamentalnya," ujarnya.

Seperti diberitakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat signifikan, Jumat sore kemarin, tepatnya seusai Jokowi mendeklarasikan diri sebagai capres PDI Perjuangan. Indeks ditutup melompat sebesar 3,22 persen atau 152,47 poin menjadi 4.878,64. Demikian juga nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang menguat pada perdagangan sore hari kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.