Kompas.com - 17/03/2014, 11:12 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengklaim pihaknya sebagai bank paling menguntungkan alias profitable. Sehingga, bank ini menjadi daya tarik tersendiri bagi investor. Sebagai informasi, perbankan Indonesia memiliki kinerja keuangan di atas industri keuangan dunia, dilihat dari return on assets (ROA) dan return on equity (ROE).

ROA adalah rasio keuntungan bersih setelah pajak yang dihasilkan dibandingkan dengan aset yang dimiliki perusahaan, sementara ROE adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih yang dikaitkan dengan modal perusahaan.

"Kalau dibandingkan dengan kinerja keuangan perbankan nasional, BRI merupakan bank paling menguntungkan. ROE BRI mencapai 34,11 persen, dan ROA 5,03 persen, jauh di atas rata-rata nasional," kata Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (16/3/2014).

Adapun rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) perseroan tercatat sebesar 60,58 persen, juga menjadi kontributor bagi tingginya profitabilitas BRI. Terlebih lagi rasio kredit bermasalah di BRI juga relatif rendah, hanya 1,55 persen NPL gross (non performing loan) dan 0,31 persen nett.

“Visi BRI itu jelas dan sangat kuat membangun ekonomi berbasis kerakyatan sampai ke pelosok desa dan membantu program-program pembangunan,” ujar Ali.

Informasi saja, ROA perbankan di Indonesia jauh lebih baik dibanding ROA rata-rata perbankan dunia. Di Amerika Serikat, rata-rata ROA perbankan mencapai 1,60 persen, Eropa 1,00 persen, dan Asia Pasifik 1,33 persen. Sedangkan ROA perbankan Indonesia mencapai 2,50 persen.

Sementara itu, rata-rata ROE perbankan di Indonesia mencapai 19,90 persen. Persentase tersebut berada jauh di atas posisi perbankan di Amerika Serikat yang mencapai 13,60 persen, Eropa 11,80 persen dan Asia Pasifik 15,96 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.