Kompas.com - 17/03/2014, 14:46 WIB
EditorErlangga Djumena


HONGKONG, KOMPAS.com -
Tekad Alibaba Group untuk menjual saham perdananya atau initial public offering (IPO) sudah bulat. Perusahaan e-commerce asal China ini akan melelang saham perdananya di bursa New York Stock Exchange, Amerika Serikat.

Alibaba pada hari Minggu (16/3/2014) menyatakan, memilih NYSE dan melepas peluang IPO di Hongkong karena regulator tidak menerima susunan manajemen perusahaan. Bursa Hongkong tidak mengizinkan pemilik mempunyai saham suara khusus yang memperkuat kendalinya.

"Kami memilih menggelar IPO di AS. Ini akan membuat kami lebih menjadi perusahaan global dan meningkatkan trasparansi, sembari mengejar visi dan tujuan jangka panjang kami," tulis Alibaba dalam pernyataan resminya.

Manajemen Alibaba tidak menyebut kinerja keuangannya. Namun, manajemen mengklaim, transaksi jual-beli yang terjadi lewat Alibaba mencapai 150 miliar dollar AS per tahun, lebih banyak dibanding kombinasi volume penjualan di Amazon dan eBay.

Perusahaan yang sebanyak 24 persen sahamnya digenggam Yahoo Inc ini mencatat pertumbuhan pendapatan 51 persen year on year, di periode tiga bulanan yang berakhir September lalu. Pertumbuhan penjualan Alibaba terlihat melambat dibandingkan pencapaian kuartal II dan I yang sebesar 61 persen dan 71 persen.

Alibaba tidak mengungkapkan target perolehan dana dari IPO ini.  Namun analis memperkirakan, penjualan saham perdana bisa sebesar 15 miliar dollar AS, sehingga nilai keseluruhan perusahaan mencapai 100 miliar dollar AS, menandingi Facebook.

Pada Mei 2012, Facebook melepas saham senilai 16 miliar dollar AS dan menjadikannya perusahaan bernilai di atas 100 miliar dollar AS. (Sanny Cicilia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.