Pemerintah Klaim Antisipasi Pemangkasan Stimulus The Fed

Kompas.com - 20/03/2014, 20:16 WIB
Menko Perekonomian RI Hatta Rajasa KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIMenko Perekonomian RI Hatta Rajasa
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - The Federal Reserve terus memangkas stimulusnya. Kondisi ini diakui Menko Perekonomian Hatta Rajasa bakal berdampak terhadap emerging market, termasuk Indonesia.

Dia menyatakan pemerintah telah mengantisipasi kemungkinan pemangkasan stimulus The Fed. Adapun yang harus dijaga Indonesia saat ini bukan hanya soal current account, tapi juga capital account. "Tapi investasi kita cukup baik, cukup kita jaga," ujarnya, Kamis (20/3/2014).

Buktinya, lanjut Hatta, capital outflow yang terjadi di 2013, sudah kembali setidaknya 25 persen membanjiri Indonesia. "Jadi, kita cukup baik. Walaupun kita harus hati-hati karena tekanan atau situasi itu masih ada," pungkasnya.

Namun saat ditanya paket kebijakan ekonomi ketiga akan dikeluarkan, Hatta belum bisa memastikan. Paket kebijakan tersebut diharapkan bisa membantu mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia, meskipun kondisi global tengah goyah.

Sebelumnya, Bank Sentral mengatakan akan melanjutkan pemotongan kucuran stimulus pembelian obligasi. Nilai pemangkasan pun meningkat dari 10 miliar dollar AS menjadi 55 miliar dollar AS.

The Fed berpendapat ekonomi Amerika saat ini cukup kuat untuk memperbaiki pasar kerja domestik.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.