Kompas.com - 21/03/2014, 11:36 WIB
Wakil Menteri ESDM  Susilo Siswoutomo ESTU SURYOWATIWakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo mengklaim investor yang berminat membangun kilang sudah siap, bahkan mereka akan segera menengok lapangan Bontang akhir Maret 2014.

"Rencananya mereka (investor) yang berminat akan meninjau ke lapangan Bontang," kata Susilo, di Jakarta, Jumat (21/3/2014).

Di sisi lain, lanjut dia, Kementerian Keuangan, Kementerian ESDM, serta Badan Koordinasi Penanaman Modal akan menyelesakan term of reference. "Tata cara mereka (investor) harus memasukkan tender, memasukkan proposal, kira-kira nanti pertengahan April kita umumkan," katanya.

Susilo mengatakan, proyek yang dikerjakan adalah satu kilang minyak berkapasitas 300.000 barel per hari. Akhir pekan lalu, Susilo ditemui usai diskusi, menjelaskan pemilihan lapangan Bontang untuk proyek kilang ini.

"Di situ kan luasnya harus 1.000 hektar. Kedua, ada akses ke laut dalam. Ketiga, ada infrastruktur penunjang. Macam-macam, jadi ada kriteria dan yang paling memenuhi persyaratan adalah Bontang," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah memiliki 6 alternatif lokasi selain Bontang, diantaranya yakni di Tuban, Bojonegoro, serta Arun. Susilo mengatakan, dalam kerjasama pemerintah swasta ini, pemerintah akan menyediakan lahannya. Pemerintah akan menyewa lahan untuk proyek ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.