Kompas.com - 24/03/2014, 11:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengembangkan aplikasi pelaporan SPT Tahunan PPh melalui e-Filing yang terhubung langsung dengan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Layanan e-Filing ini merupakan hasil kerjasama BRI dengan Ditjen Pajak Kementerian Keuangan.

"Bank BRI telah diberikan kepercayaan dan kesempatan oleh Kementerian Keuangan RI, khususnya Direktorat Jenderal Pajak untuk mengembangkan aplikasi pelaporan SPT Tahunan PPh melalui e-Filing agar dapat menerima seluruh jenis pelaporan SPT bagi 113.000 pekerja BRI," kata Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Alu di Jakarta, Senin ( 24/3/2014).

Lebih lanjut, BRI juga tengah menyiapkan diri menjadi penyedia layanan apilkasi (Application Service Provider/ASP) SPT Tahunan melalui instrumen e-Filing. Sebagai ASP, BRI akan menjadi perpanjangan tangan bagi Ditjen Pajak untuk menerima pelaporan SPT secara elektronik dari setiap wajib pajak.

"Penunjukkan ini nantinya juga akan mempermudah masyarakat seluruh Indonesia untuk mengakses e-Filing, sebab e-Filing versi BRI ini memanfaatkan jaringan kerja BRI yang terbesar dan tersebar di seluruh Indonesia yang saat ini mencapai lebih dari 9.800 unit kerja, dan didukung kemampuan TI yang dimiliki BRI saat ini," ujar Ali.

Ali mengatakan, dengan menggunakan e-Filing yang dikembangkan Ditjen Pajak, pelaporan pajak baik PPh Badan maupun PPh Orang Pribadi Usahawan dapat dilakukan secara online dengan lebih cepat, mudah, dan murah.

Sebelumnya, infrastruktur BRI telah sukses membantu pemerintah DKI Jakarta dalam menyediakan layanan wajib pajak. Berkat layanan ini, Pemda DKI Jakarta berhasil menggandeng 9.000 wajib pajak restoran, 371 tempat hiburan, 1.000 wajib pajak parkir, dan 580 hotel.

"Potensi trickle down business-nya terdapat 10.951 wajib pajak dengan potensi omzet sekitar Rp 40 triliun," ujar Ali.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.