Kompas.com - 24/03/2014, 15:32 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengatur program tabungan berhadiah pada kuartal III tahun 2014 ini. Ini lantaran ada persaingan di antara perbankan dalam memperoleh dana pihak ketiga (DPK) di tengah ketatnya likuiditas.

Menanggapi rencana itu, Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Muhamad Ali mengatakan pihaknya telah mengetahui rencana regulator tersebut. Untuk menggenjot perolehan DPK, pihaknya lebih fokus untuk mengoptimalkan pelayanan kepada nasabah.

"Ke depan kita fokus ke layanan dan fitur. Karena kan katanya OJK tidak memperbolehkan tabungan berhadiah ya," kata Ali di kantornya, Senin (24/3/2014).

Lebih lanjut Ali mengatakan, jika layanan dan fitur yang ditawarkan perseroan telah optimal, maka nasabah pun akan tanpa ragu memanfaatkan layanan perbankan di bank tersebut. "Layanan dan fitur dulu. Kalau bagus kan nasabah larinya ke kita," ujarnya.

Untuk meningkatkan DPK, Ali mengaku perseroan akan mengejar perolehan dana murah. Sekedar informasi, nasabah BRI saat ini tercatat sebanyak 48 juta nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Untuk peningkatan DPK, kami lari ke dana murah, lalu diperbaiki dan tingkatkan layanan dan fitur. Misalnya dengan layanan pajak generasi 2 itu, sehingga akan mempermudah orang-orang transaksi keuangan uang berhubungan dengan negara," jelas Ali.

Seperti diberitakan, Divisi bidang Penelitian dan Pangaturan Perbankan OJK tengah meneliti lebih mendalam mengenai praktik pemberian hadiah yang sekarang terjadi, sebelum dikeluarkannya aturan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini OJK masih dalam proses meminta masukan dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk pelaku perbankan. Termasuk apakah akan melarang atau membatasi pemberian hadiah dalam praktik program tabungan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.