BRI Tertarik Caplok Bank Mutiara dan Perusahaan Asuransi

Kompas.com - 24/03/2014, 19:20 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk tertarik untuk membeli Bank Mutiara. Rencana pembelian Bank Mutiara tersebut akan dipakai untuk menggejot bisnis anorganik.

Meski mengaku tertarik, namun Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengaku tidak tergesa-gesa. Pihaknya akan hati-hati dan melihat harga penawaran nantinya. "Kalau harganya bagus dan menarik, kenapa tidak?" ujar Sofyan saat ditemui di Gedung BRI, Jakarta, Senin (24/3/2014).

Tidak hanya Bank Mutiara yang dilirik BRI. Saat ini perseroan juga sudah menimbang-nimbang membeli  perusahaan sektor keuangan lainnya seperti perusahaan asuransi.

Menurut Sofyan, BRI telah menyiapkan dana Rp 3 triliun untuk merealisasikan rencana akuisisi perusahaan keungan tersebut. Hanya saja sampai sekarang Sofyan belum menyebut nama. Diharapkan proses pengambilalihan sektor keuangan tersebut bakal selesai di tahun ini.

"Belum tahu. Mau perusahaan asuransi juga bisa. Non organik mudah-mudahan kita laksanakan tahun ini," katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Keuangan BRI Ahmad Baiquni menyebutkan, ada sebuah perusahaan asuransi yang siap diakuisisi. Saat ini dalam tahap due diligence. Perseroan belum mau menyebut secara transparan perusahaan apa yang bakal diakuisisi.

"Kita siapkan Rp 3 triliun untuk dua perusahaan, asuransi jiwa dan sekuritas akan kami akusisi, sekarang masih tahap due diligence jadi nantilah penyampaian kriterianya," kata Baiquni. (Sugiyarto)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.