Kompas.com - 24/03/2014, 20:23 WIB
Menteri Keuangan M Chatib Basri Kompas/Priyombodo Menteri Keuangan M Chatib Basri
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri mengatakan tahun 2014 merupakan tahun politik yang terkadang membuat pemerintah serba salah dalam mengambil kebijakan.

Oleh karena itu, secara khusus ia meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Anggaran Kemenkeu untuk secara cermat mengambil keputusan.

"Tahun 2014 adalah tahun politik. Ini membuat tugas kita menjadi lebih complicated dan kadang-kadang menjadi serba salah. Untuk hal-hal yang sebenarnya normal sering dianggap bermasalah di tahun politik. Minggu lalu saya lihat Ditjen Anggaran harus melakukan konferensi pers karena persoalan muncul peningkatan dana bansos (bantuan sosial)," kata Chatib di kantornya, Senin (24/3/2014).

Chatib mengatakan isu terkait anggaran di tahun politik menjadi sangat sensitif terkait dugaan aktivitas politik. Selain dana bansos, Chatib menyebut dana saksi pemilu sebagai salah satu contoh isu sensitif. Padahal pemerintah belum mencairkan dana itu.

Lebih lanjut, Chatib mengungkapkan dalam situasi tahun politik seperti ini segala kebijakan terkait anggaran harus dijelaskan dengan baik. Meskipun demikian, lanjutnya, bukan berarti anggaran ditahan demi keamanan keuangan negara.

"Upaya tidak melakukan pencairan tidak menyelesaikan masalah. Ini seperti menghapus hama binatang dengan membakar lumbung. Yang penting governance (tata kelola) dapat dijaga," ujar dia.

Selain itu, Chatib meminta kepada Ditjen Anggaran untuk mencairkan dana sesuai dengan prioritas. Masalah-masalah kemungkinan akan dihadapi Ditjen Anggaran pada masa-masa menjelang pemilu, baik pemilu legislatif (pileg) maupun pemilu presiden (pilpres).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.