Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Mobil Listrik dan Mobil Esemka Dinilai Palsu

Kompas.com - 25/03/2014, 18:05 WIB
Rahmat Fiansyah

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek mobil listrik yang digarap oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan dan mobil nasional Esemka yang dipopulerkan oleh mantan Wali Kota Solo, Joko Widodo atau Jokowi dinilai hanya untuk menaikkan popularitas pribadi.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Harian Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) Partai Amanat Nasional, Putra Jaya Husin, Selasa (25/3/2014). "Itu palsu dan akan jadi sampah. Itu dilakukan dirinya sendiri bukan untuk bangsa," katanya.

Mengenai mobil listrik, Putra mengatakan teknologi tersebut sudah ketinggalan zaman dan tidak layak. Kemampuan jarak tempuhnya, kata dia, hanya berkisar 30 km per liter dan membutuhkan waktu 3-5 jam untuk mengisi baterai.

"Teknologi itu sudah ditemukan tahun 1960an di Amerika. Di Jepang dan negara-negara Eropa, mobil listrik tidak laku lagi," ucapnya.

Menurut Putra, teknologi yang mesti dikembangkan di masa depan adalah mobil hybrid. Mobil hybrid dinilainya sangat irit dengan ditemukannya teknologi yang mampu menempuh jarak 100 km dengan bensin 1 liter.

"Di masa depan, akan terjadi pertarungan tiga jenis mobil. Mobil hybrid, mobil hidrogen, dan mobil gas," ucapnya.

Putra menambahkan yang perlu dilakukan pemerintahan ke depan bukanlah membatasi konsumsi bahan bakar secara paksa atau mengurangi jarak tempuh perjalanan. Yang mesti dilakukan, kata dia, adalah menciptakan teknologi kendaraan yang irit bahan bakar.

"Kalau rakyat kita menggunakan mobil hybrid, konsumsi BBM ditekan dan uang subsidi bisa dialihkan untuk membangun infrastuktur atau riset energi alternatif," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com