Kompas.com - 25/03/2014, 21:00 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Perbanas, Sigit Pramono mengatakan, keterbukaan perbankan harus dengan aturan yang jelas. Perbanas tidak mau dituding seolah-olah melindungi nasabah yang bermasalah dengan pajak.

"Bank itu wajib pajak yang paling patuh pajak badan. Jangan dilihat seolah bank hanya menyembunyikan nasabahnya. Anda lihat berapa pajak badan bank yang dibayar ke negara? Berapa pegawainya? Depositonya? Itu besar sekali," kata Sigit Selasa (25/3/2014).

Dia menilai langkah Dirjen Pajak yang ingin membuka akses data nasabah merupakan kebijakan yang keliru. Dampaknya, kata dia, bisa jadi kinerja perbankan menurundan setoran pajak bank ke negara pun berkurang.

"Kan banyak dampaknya. Jadi mohon jangan dikesankan bank tidak kooperatif," sambungnya.

Sebagai informasi, DJP ingin agar bisa mengakses data nasabah bank secara otomatis demi menggenjot peneriman pajak. Sementara itu sejauh ini, perbankan baru bisa memberikan keterangan dan memperlihatkan bukti-bukti tertulis.

Menurut Sigit, akses DJP bisa lebih leluasa asal sesuai aturan perundang-undangan yang ada. "Jadi perbaikilah Undang-undang itu," pungkasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.