Masuk Bisnis Satelit, BRI Berharap Dapat Kepastian Setelah Pileg

Kompas.com - 26/03/2014, 13:42 WIB
Direktur Utama BRI Sofyan Basir (kiri) dan Direktur keuangan BRI Achmad Baiquni (kanan).

KOMPAS/RADITYA HELABUMIDirektur Utama BRI Sofyan Basir (kiri) dan Direktur keuangan BRI Achmad Baiquni (kanan).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sofyan Basyir mengatakan pihaknya masih menunggu surat keputusan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terkait pembelian satelit.

"Satelit kami masih menunggu keputusan Kemkominfo. Mudah-mudahan kami mendapat kabar baik di awal bulan kira-kira bulan April. Mudah-mudahan setelah pemilu legislatif (pileg) suratnya keluar. Karena kan masih pada sibuk semua," kata Sofyan seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BRI, Rabu (26/3/2014).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan BRI Ahmad Baiquni mengatakan perseroan baru akan melangkah untuk membuat satelit setelah ada keputusan resmi dari Kemkominfo. Adapun pembuatan satelit diperkirakan memakan waktu 2 tahun.

"Satelit mau tender lagi. Semua kan harus ada prosesnya. Kita baru melangkah setelah mendapat pemberitahuan resmi dari Kemkominfo. Proses pembuatannya sendiri sekitar 2 tahun. Setelah tender diputus, setelah itu pembuatan sekitar 2 tahun," ujar Baiquni.

Seperti diberitakan, BRI mengaku saat ini perseroan masih menyewa satelit dari sebuah perusahaan telekomunikasi di dalam negeri. Pihaknya masih menunggu respon dari pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk bisa memiliki satelit sendiri.

Untuk proyek pembelian satelit, BRI telah menyiapkan dana sekitar 250 juta dollar AS yang bersumber dari dana internal BRI. "Kami investasi 250 juta dollar AS dari dana sendiri. Realisasinya begitu ijin keluar kami akan mulai kerjakan," kata Sofyan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.