Kompas.com - 27/03/2014, 09:07 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk menyatakan kesiapannya memasang cip di seluruh kartu debitnya terkait imbauan Bank Indonesia (BI).  Perseroan akan membangun sistem terkait sebelum melakukan pemasangan cip.

"Kita masih harus membangun sistemnya terlebih dahulu. Jadi sistem untuk cip itu kita akan membuat dan melakukan migrasi. Kita masih dari tahap pengembangan sistem terlebih dulu," kata Direktur Consumer Banking Danamon Michellina Triwardhany di Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Sebelumnya, BI meminta seluruh perbankan nasional melakukan migrasi dari kartu debit magnetic stripe ke kartu debit berteknologi cip. Tujuannya untuk meminimalkan terjadinya fraud dalam transaksi kartu debit.

BI menargetkan pemakaian cip pada kartu debit harus segera dilakukan pada 1 Januari 2016. Bank Danamon pun, kata Michellina akan menargetkan proses migrasi selesai pada tahun 2016.

"Semuanya memang harus migrasi. Kita harapkan Danamon juga bisa selesai pada tahun 2016, karena tidak ada pilihan lain," ujarnya.

Lebih lanjut, Michellina mengatakan hingga saat ini kartu debit perseroan telah mencapai 2 juta kartu. Oleh karenanya, perseroan optimistis migrasi ke kartu kredit cip dapat dilakukan sesuai target yang dipatok BI.

"Kartu kredit sudah chip, jadi tinggal kartu debit. Saat ini sudah ada sekitar 2 juta kartu, ini harus selesai 2016. Kita tidak ada pilihan selain memenuhi karena BI sudah memberi tanggalnya. Software kami juga harus di-upgrade, bukan mesin ATM-nya," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.