Bank Mandiri Tuntaskan Akusisi InHealth pada Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 27/03/2014, 15:02 WIB
Asuransi InHealth Baihaki/KONTANAsuransi InHealth
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bank Mandiri Tbk menyepakati akusisi 80 persen saham PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia, anak perusahaan PT Askes yang bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Direktur Perbankan Institusional Bank Mandiri Abdul Rachman mengatakan, perseroan menargetkan proses akuisisi InHealth selesai pada akhir tahun 2014. Ini terkait dengan peraturan pemerintah bahwa BPJS Kesehatan tidak boleh memiliki anak usaha.

"BPJS tidak boleh lagi memiliki anak perusahaan. Jadi sebenarnya (transformasi) Askes ke BPJS Kesehatan, dan InHealth itu anak usaha Askes, maka BPJS Kesehatan harus melepas anak usahanya," kata Abdul di Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Akuisisi terhadap 80 persen saham InHealth dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yakni 60 persen saham dan tahap kedua sebanyak 20 persen. Keseluruhan akusisi ditargetkan rampung akhir tahun ini.

"Dalam kesepakatan jual beli saham, tahap pertama kami memiliki 60 persen dan 20 persen itu masih milik BPJS Kesehatan. Ini hanya untuk sementara. Lalu kami mengambil 20 persen lagi, karena untuk awal tahun akan dimiliki oleh Bank Mandiri jadi 80 persen," jelasnya.

Pihaknya berharap proses akuisisi dapat segera selesai, karena BPJS Kesehatan juga telah bekerjasama dengan asuransi lainnya.

"Asuransi yang lain sudah melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan, ini diharapkan cepat selesai. Artinya proses ini bisa memuaskan semua pihak dan diharapkan Desember tahun 2014 selesai," kata Abdul.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.