Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADB Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2014 Menurun

Kompas.com - 01/04/2014, 11:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Pembangunan Asia (ADB) dalam laporannya yang bertajuk Asian Development Outlook (ADO 2014) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2014 akan sedikit menurun. Kemudian, pertumbuhan ekonomi akan kembali menguat pada tahun 2015 mendatang.

"ADB memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan sedikit menurut menjadi 5,7 persen pada tahun 2014, untuk kemudian naik menjadi 6,0 persen pada tahun 2015," kata Country Director ABD Indonesia Adrian Ruthenberg di Jakarta, Selasa (1/4/2014).

Lebih lanjut, Adrian mengatakan, prediksi ini mengasumsikan bahwa pemilihan umum bulan April dan Juli akan berlangsung lancar, dan pemerintah akan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki iklim investasi. Ia mengungkapkan, konsumsi swasta diperkirakan akan tumbuh perlahan, didukung oleh menurunnya inflasi dan pembelanjaan seputar pemilihan umum (pemilu) di semester pertama 2014.

"Investasi diperkirakan akan membaik di tahun 2015 setelah pemerintahan baru memaparkan kebijakannya dan mendorong investasi di bidang infrastruktur. Prospek investasi akan membaik seiring tingkat inflasi yang lebih rendah dan defisit transaksi berjalan yang membaik di 2015, serta menguatnya perdagangan dunia," ujar Adrian.

Sementara itu, Deputy Country Director ADB untuk Indonesia Edimon Ginting menjelaskan, tantangan yang cukup signifikan bagi Indonesia saat ini adalah mengatasi defisit transaksi berjalan. "Untuk menghadapi tantangan defisit transaksi berjalan tersebut, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk memperlambat laju permintaan domestik, mendorong ekspor dan menahan impor, seiring depresiasi rupiah," ujarnya.

Namun demikian, Edimon memandang dampak kebijakan tersebut hanya akan bertahan dalam satu atau dua tahun. Dalam jangka panjang, kata dia, penguatan neraca transaksi berjalan memerlukan reformasi struktural untuk memacu tingkat produktivitas dan daya saing secara berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com