Kompas.com - 01/04/2014, 14:32 WIB
Dirut BNI yang juga Ketua Umum Himbara Gatot M. Suwondo Kompas/Heru Sri KumoroDirut BNI yang juga Ketua Umum Himbara Gatot M. Suwondo
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Gatot M Suwondo menyatakan, pihaknya masih akan berpikir untuk mengakusisi Bank Mutiara. Menurutnya, akuisisi bank eks Bank Century tersebut sarat isu politik.

"Akuisisi Bank Mutiara kita lihat-lihat dulu. Ini karena political issue-nya tinggi. Kita belum masukkan skema ke LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Political issue-nya tinggi, it's not about business," kata Gatot seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BNI di Jakarta, Selasa (1/4/2014).

Lebih lanjut, Gatot mengungkapkan, pada dasarnya dalam merencanakan akuisisi lembaga keuangan, perseroan akan mempertimbangkan sinergi. Lembaga keuangan yang akan diakuisisi harus memiliki sinergisitas dengan perusahaan induk.

"Akuisisi itu harus dilihat dulu apa ada sinergi dengan bank induk. Mungkin saja kita akan mengakuisisi bank, tapi ya harus ada sinergi," ujar dia.

Gatot mengaku perseroan belum memiliki rencana untuk mengakuisisi industri keuangan non bank (IKNB). Ini karena pada dasarnya BNI telah memiliki beragam anak perusahaan yang telah beroperasi dan berkinerja baik pula.

Saat ini pun perseroan belum membidik satu pun lembaga keuangan untuk diakuisisi. "Sekarang kita sudah punya sekuritas, life (asuransi) juga sudah punya. Bank syariah kita punya, mulitifinance kita punya juga. What else? Mungkin kalau memang akan akuisisi, kita akan bidik segmen mikro. Kalau korporat komersial nanti takut bertabrakan dengan core business induk," ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.