Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan: Soal Tol di Atas Laut, Nggak Ada yang Nggak Mungkin

Kompas.com - 02/04/2014, 14:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum masih belum yakin bisa membangun tol Cirebon sampai Semarang di atas laut. Pasalnya secara studi belum memenuhi kelayakan.

Meski demikian, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku tak peduli dengan studi tersebut. Menurut Dahlan tol Cirebon menuju Semarang bisa dibangun kalau yakin.

"Di dunia nggak ada yang nggak mungkin," ujar Dahlan di Menara BRI, Rabu (2/4/2014).

Alasan Dahlan optimis tol Cirebon menuju Semarang sepanjang 200 kilometer bisa dibangun, karena jalan tol di darat sudah tidak memungkinkan.

"Kita harus realistis kecuali dijamin tol darat dibangun," ungkap Dahlan.

Dahlan menambahkan seluruh perusahaan BUMN yang tergabung dalam sebuah konsorsium, akan melakukan studi kelayakan terlebih dahulu. Setelah itu pihak BUMN yang dipimpin oleh PT Jasa Marga (persero) Tbk, akan meminta izin kepada Kementerian PU.

"Pembangunan izin PU. Setelah studi baru izin ke PU," jelas Dahlan.

Rencananya pembangunan jalan tol Cirebon-Semarang akan dimulai dari tahun 2015. Anggaran yang harus dikeluarkan oleh negara melalui BUMN sebesar Rp 90 triliun. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com