BKF: Tak Tertutup Kemungkinan Harga BBM Naik Tahun Ini

Kompas.com - 03/04/2014, 07:52 WIB
Salah satu SPBU di Kendal kehabisan BBM. Kompas.com/ Slamet PriyatinSalah satu SPBU di Kendal kehabisan BBM.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan menyatakan tidak tertutup kemungkinan pemerintah akan kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada tahun 2014. Ini lantaran konsumsi BBM yang terus meningkat, sementara produksi dalam negeri stagnan, sehingga menyebabkan impor BBM kian besar. Besarnya impor migas ini membebani defisit transaksi berjalan.

Kepala BKF Andin Hadiyanto mengatakan, kenaikan harga BBM efektif menyelamatkan kondisi fiskal Indonesia. Kenaikan harga BBM, lanjutnya, biasa dilakukan negara-negara yang melakukan reformasi energi dan dilakukan secara konsisten.

"Tidak menutup kemungkinan, mungkin saja (menaikkan harga BBM). Jadi namanya reformasi subsidi di berbagai negara berkembang, pasti harus konsisiten dan terukur, tidak bisa sporadis. Jadi kita harus bikin roadmap-nya dulu," kata Andin di Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Lebih lanjut, Andin mengungkapkan, konsumsi BBM yang tinggi tidak diimbangi dengan produksi minyak yang memadai. Bahkan, produksi minyak ke depan diperkirakan akan terus menurun.

"Cadangan minyak Indonesia tinggal 4 miliar barrel. Kalau kita dengan konsumsi saat ini mungkin akan habis sekitar tidak sampai 15 sampai 20 tahun lagi. Memang memerlukan langkah-langkah isu ketehanan energi," ungkap dia.

Guna mengurangi ketergantungan subsidi BBM, ujar Andin, pemerintah akan terus melakukan reformasi energi dengan peningkatan penggunaan energi ramah lingkungan. Selain itu, dilakukan pula pembatasan penggunaan BBM bersubsidi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.